Wanita bercadar memelihara anjing?

Secara kasat mata seorang yang nampaknya mengikuti sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, namun menyelesihi apa yang dilarang Beliau, maka hal ini adalah kesalahan yang nyata.

Jangan seorang mukmin digiring pemikirannya dengan seorang laki-laki atau wanita yang dhahirnya menjalankan sunnah Nabi, namun ia menjalankan apa yang Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam tidak perintahkan bahkan beliau melarangnya.

Jangan salahkan syariat cadarnya atau hal yang lain kaitannya seorang menyelisihi apa yang menjadi tuntunan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, dengan memelihara anjing di rumahnya.

Apakah dengan seorang wanita yang bercadar terus menjadikan malaikat rahmat masuk walaupun di dalamnya ada anjingnya?.

Tentu malaikat rahmat tidak akan masuk ke rumah yang di dalamnya seekor anjing, walaupun di dalamnya terdapat pria berjenggot dan tidak isbal, serta wanitanya bercadar sekalipun.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:

عَن أَبِي طَلحَةَ عَنالنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَدخُلُ المَلَائِكَةُ بَيتًا فِيهِ كَلبٌ وَلَا صُورَةٌ

Dari Abu Thalhah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda : “Sesungguhnya malaikat (rahmat) tidak akan masuk rumah yang di dalamnya ada anjing dan gambar” (HR. Muslim)

سَمِعتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا تَدخُلُ المَلَائِكَةُ بَيتًا فِيهِ كَلبٌ وَلَا صُورَةُ تَمَاثِيلَ

Saya (Abu Thalhah) mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda : “Malaikat rahmat tidak akan masuk kedalam rumah yang di dalamnya ada anjing dan gambar bernyawa (termasuk patung)” (HR. Bukhari)

عَن عَلِيِّ بنِ أَبِي طَالِبٍ عَنالنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ قَالَ المَلَائِكَةُ لَا تَدخُلُ بَيتًا فِيهِ صُورَةٌ وَلَا كَلبٌ وَلَا جُنُبٌ

Dari Ali bin Abi Thalib dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda : “Malaikat (rahmat) tidak masuk rumah yang kepadanya ada gambar dan anjing dan orang yang junub” (HR. An-Nasa’i, dishahihkan Al-Albany)

عَن عَلِيِّ بنِ أَبِي طَالِبٍ عَنالنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ المَلَائِكَةَ لَا تَدخُلُ بَيتًا فِيهِ كَلبٌ وَلَا صُورَةٌ

 Dari Ali bin Abi Thalib dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, beliau bersabda : “Sesungguhnya Malaikat tidak akan masuk dalam rumah yang di dalamnya
ada anjing dan gambar.” (HR. Ibnu Majah, dishahihkan Al-Albany)

Dalam beberapa hadits diatas menunjukan bahwa malaikat rahmat tidak akan masuk ke dalam rumah yang ada di dalamnya seekor anjing, gambar bernyawa, dan patung. Tidak peduli penghuni rumahnya itu bercadar atau tidak.

Jika ada yang berdalil dengan wanita memberi minum seekor anjing yang kehausan, kemudian dengan sebab tersebut ia masuk surga.

Lalu dengan pemahamam yang jelas keliru, bahwa ingin mendapatkan sebab masuk surga kemudian memelihara anjing, bahkan bukan seekor anjing saja.

Dan perlu kaum mukminin waspadai dalam rangka apa hal ini, dengan kejahilannya memelihara anjing atau untuk menjatuhkan martabat wanita yang bercadar.

Hanya Allah saja sebagai pelindung kita semua.

Semoga kaum muslimin dan khususnya kaum muslimah terhindar dari syubhat ini, dan tegar di atas sunnah yang benar sampai nyawa ini dicabut oleh Allah ‘Azza wa Jalla. Amiin.

************************************
 Yuk share ke yang lain *tanpa merubah isi dan sumbernya* dan jangan lupa like halaman kami…!

Dan jangan sampai ketinggalan, dengan ikuti jaringan medsos kami untuk mendapatkan artikel dan nasihat yang manfaat.

•┈┈•◈◉✹❒📖❒✹◉◈•┈┈•

وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين.

 Ustadz Abu Salman Al-Kwasayni حفظه الله تعالى.

 Di bumi Allah Markaz Al-Kwasayni,
Rabu 11 Rajab 1439 H.

 TG: https://www.telegram.me/alkwasayni
www.al-kwasayni.com
Fb: bit.ly/2o6WTJY
Konsultasi: bit.ly/2CasI8X

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *