[ Video Nasihat ] Keutamaan sholat

Syaikh DR. Shalih bin Fawzan bin Abdillah Al Fawzan حفظه الله تعالى

Menjelaskan dalam kitab Ahamiyatu Assholah. Suatu ketika ‘Abdullâh bin Mas’ûd رضي الله عنه berkata:

سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ قَالَ الصَّلَاةُ عَلَى وَقْتِهَا قَالَ ثُمَّ أَيٌّ قَالَ بِرُّ الْوَالِدَيْنِ قَالَ ثُمَّ أَيٌّ قَالَ الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ

“Aku bertanya kepada Nabi; “Amalan apakah yang paling utama? “Beliau menjawab, “Sholat pada waktunya.” Aku bertanya lagi: “Kemudian apa lagi? “Beliau menjawab, ”Berbakti kepada kedua orang tua.” Aku bertanya lagi: ”Kemudian apa lagi? ”Beliau menjawab, ”Berjihad di jalan Allah.” (HR. Mutaffaqun Alaihi)

Jadi, amalan yang paling utama, amalan yang paling afdhol dan paling mulia ialah sholat tepat waktu.

Seseorang yang bisa melaksanakan sholatnya dengan baik, pasti bisa melahirkan amalan baru. Yaitu bisa berbuat baik atau berbakti kepada orangtua.

Disaat kita ini susah untuk berbakti kepada orangtua, berarti sholat kita tidak benar. Kenapa sholat kita tidak benar ? karena menuntut ilmu kita tidak benar. Menuntut ilmu hanya ikut-ikutan, tidak ada keikhlasan didalam hatinya. Ketika sedang musim belajar bahasa arab, ikut-ikutan belajar bahasa arab. Penuntut ilmu yang tidak ikhlas dalam menuntut ilmu tentu akan ‘tumbang’ ditengah jalan.

Untuk itu sekali lagi, disaat kita ini susah untuk berbuat baik kepada orangtua, pasti sholat kita tidak dilakukan dengan benar. Dan wujud berbuat baik kepada orangtua tidak mesti dengan hanya mengirimkan sejumlah uang.

Lalu amalan yang paling afdhol berikutnya ialah jihad fi sabilillah atau berperang dijalan Allah. Dan ternyata amalan tersebut berada pada urutan ketiga.
Setelah amalan sholatnya benar, berbakti kepada orangtuanya benar, baru berjihad dijalan Allah. Tidak mungkin bisa berjihad dijalan Allah dengan benar jika sholat yang ia lakukan tidak benar.

Untuk itu, sholat yang kita lakukan dengan benar dapat menjadi barometer yang akan memunculkan amalan-amalan atau kebaikan-kebaikan yang lain pada setiap lini kehidupan kita. Wallohualam.

•┈┈➖•◈◉✹❒📚❒✹◉◈•➖┈┈•

وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين.

🎙 Ustadz Abu Salman حفظه الله تعالى.

✍ Tim Bersih.or.id حفظهم الله تعالى.

🌍 Di Bumi Allah Kantor Bersih.or.id , Jumat 25 Jumadil Akhir 1438 H.

🌎www.bersih.or.id
📱Apk: bit.ly/2nzgGlN
🐦twitter.com/BERSIH_TV
📹youtube : bit.ly/2nQkBIm
🖼instagram.com/bersih.tv
🏡 Lokasi : bit.ly/2mOm00e
📪telegram.me/berbaginasihat
🔵facebook.com/programbersih
♻WA : Daftar Bersih Ketik
Nama#L/P#Alamat
Kirim 0857-7902-6345.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *