Share Doang, Apa Hukumnya?


Siapa yang tak senang berbagai tempat mengadakan kajian sunnah?.

Kajian sunnah bukan hanya dishare, namun harus dihadiri. Jangan karena Ustadz gak terkenal dan tak bergelar kamu ogah menghadirinya.

Ingatlah, Islam jaya dan mulia bukan karena umatnya sibuk share info kajian, namun sibuk menghadirinya.

Fenomena sekarang, jika sudah share info kajian sunnah, maka merasa sudah menjadi Salafi. Salafi itu yang sibuk hadir ke kajian, bukan yang sibuk share jadwal kajian sunnah dimana-mana, namun tak nongol di majelis ilmu.

Diakui atau tidak inilah fakta yang terjadi dimana-mana, gemar share info kajian, namun kagak nongol di majelis ilmu.

Silahkan share atau sebarkanlah jadwal kajian yang pasti dirimu akan menghadirinya, bukan semua jadwal kajian dishare, namun…gitulah keadaanmu.

Ingatlah, firman Allah Ta’ala:

أَتَأْمُرُونَ النَّاسَ بِالْبِرِّ وَتَنْسَوْنَ أَنْفُسَكُمْ وَأَنْتُمْ تَتْلُونَ الْكِتَابَ ۚ أَفَلَا تَعْقِلُونَ
“Mengapa kamu menyuruh orang lain (mengerjakan) kebajikan, sedangkan kamu melupakan dirimu sendiri, padahal kamu membaca Kitab (Taurat)? Tidakkah kalian berakal?.” [Al-Baqarah: 44]

Menyuruh atau mengajak sesuatu yang belum kamu kerjakan, maka hal itu adalah perbuatan kaum Yahudi.

Mendingan kamu tak dikenal sebagai tukang share info kajian sunnah, namun dirimu datang mengambil faidahnya. Daripada share kemana-mana, namun kamu tak menghadirinya maka hal itu adalah sebuah dosa.

Dan lebih aneh lagi sekarang ini, jika ada info kajian sunnah atau artikel Islam yang masuk ke hpnya baik di group atau via japri cuma dijempolin doang, maka ini musibah yang nyata.

Kapan dirimu bisa berilmu, jika dirimu hanya sibuk dan bangga dengan menjadi tukang share jadwal kajian, namun kamu lalai dari menghadirinya, dan banyak alasan jika diajak untuk hadir ke majelis ilmu, terlebih kajian rutin pembahasan kitab yang runut.

 

Ditulis oleh: Ustadz Abu Salman Al-Kwasayni, MA حفظه الله.

وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *