Muslim Sejati

عن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: المسلم من سَلِمَ اْلمُسْلِمُوْنَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ

Dari Sahabat Abdulloh bin ‘Umar semoga Allah meridhoi keduanya, dia berkata: Rosulullah Sholallahu ‘Alaihi Was Sallam bersabda : seorang muslim itu adalah seorang yang selamat lisannya dan tangannya dari mengganggu muslim yang lain”. [HR.Mutaffaqun ‘Alaihi]

Keislaman atau keimanan seseorang bisa diukur dari lisan dan tangannya, digunakan untuk apa?

Jika lisannya digunakan untuk mencegah kejahatan dan tangannya untuk membantu yang membutuhkan, itulah keislaman yang sesungguhnya.

Jika lisan dan tangannya digunakan untuk hal yang jahat, bahkan menyakiti hati dan badan orang muslim yang lain, ini merupakan kesalahan yang nyata.

Dengan lisan itu dijaga dan tangan dijaga, terjagalah kehormatan muslim yang lain, darahnya terjaga, hartanya terjaga, serta keluarganya terjaga.

Lisan dan tangan jika tidak dijaga akan terjadi kehancuran dimana-mana.

Lihatlah demontrasi, itu disebabkan tidak terjaganya lisan, kemudian berlanjut dengan pengrusakan, semua terjadi dengan sebab lisan yang tidak dijaga.

Lihatlah tindakan orang yang namimah (mengadu domba), provokasi sana sini hanya mencari keuntungan dari dunia yang hina ataupun disebabkan karena hasad yang berkarat, sehingga menimbulkan perpecahan jalinan ukhuwah sesama muslim, bahkan berlanjut berusaha menjatuhkan kehormatan muslim yang lain, ini sedikit contoh peristiwa yang terjadi disebabkan tidak dijaganya lisan, setelah lisan tidak dijaga tangannya akan menghalalkan apa yang sudah disampaikan oleh lisan.

Jika pembelaan terhadap tuduhan, dengan menjawab tuduhan dengan dalil dan bukti, setelah itu ada yang merasa direndahkan, ini bukan dari pembahasan ini.

Karena pembelaan kepada orang yang dituduh, itu hak yang boleh di ambil, kemudian jika si penuduh merasa aibnya terbongkar  terus merasa direndahkan di halayak ramai, ini adalah balasan dari Allah, bukan semata-mata dari penjelasan yang tertuduh.

Allah dan Rosul-Nya memerintahkan untuk menjaga lisan dan tangan, tentu mengandung hikmah yang sangat dalam dan faidah yang banyak, baik kita mengetahui hikmahnya atau tidak.

Siapa saja yang membuat susah muslim yang lain (hati atau badannya), pasti Allah akan membalasnya baik cepat atau lambat pasti akan dibalas  oleh Allah yang Maha Perkasa, sebagaimana sabda Nabi Sholallahu ‘Alaihi Was Sallam :

مَنْ ضَرَّ ضَرَّاللهُ بِهِ ومَنْ شَقَّ شَقَّ اللهُ عَلَيْهِ

“Siapa saja yang mencelakakan orang lain (dengan lisan atau tangannya), maka Allah akan mencelakakan orang yang berbuat tersebut, dan siapa saja yang menyusahkan orang lain (dengan lisan atau tangannya), maka Allah akan menyusahkan orang tersebut”. [HR.Abu Dawud]

الجزاء من جنس العمل

“Balasan itu sesuai dengan apa yang telah diperbuat”

Ingatlah setiap kita pasti akan mati …

Setiap kita akan menemukan amal perbuatan kita, jika amalnya baik kita akan bahagia dan jika jelek akan celaka, tidak ada penolong kecuali amal kita yang baik disaat hidup di dunia…

Pikirkan sebelum berkata dan berbuat, jangan sampai menyesal di akhirat nantinya, karena penyesalan di akhirat sudah tidak ada manfaatnya …

Di dunia kejelekan bisa diputar balikkan agar kejelekan itu kelihatan indah.

Ingatlah…!! di akhirat bukan alam yang menipu seperti dunia …

Koalisi kebatilan di nampakan seperti kebaikan, bahkan membawa dalil  untuk menguatkan, namun di akhirat kita akan mengatakan; “diriku … diriku …”

Tidak ada penolong lagi kecuali perbuatan kita yang bernilai kebaikan di sisi Allah di dunia yang belum diungkit-ungkit …

•┈┈➖•◈◉✹❒📖❒✹◉◈•➖┈┈•

وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين.

🖊Ustadz Abu Salman Al-Kwasayni حفظه الله تعالى .

🌍 Di bumi Allah, Warung Mie Ayam GPS, Jumat 27 Jumadil ‘Awal 1438 – 14.08 wib

🌐www.al-kwasayni.com
📪telegram.me/alkwasayni
🐦twitter.com/alkwasayni
🔵Fb: bit.ly/2o6WTJY
🖼Instagram: bit.ly/2p7rvbP
📹youtube: bit.ly/2odLKHL
📡Streaming: bit.ly/2o1B78B
📻Radio: 107.4 FM
♻WA : Daftar Al-Kwasayni Ketik
Nama#L/P#Alamat
Kirim 0821-1155-3775.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *