Menikah Dengan Kerabat

As Syaikh Al-Fauzan حفطه الله ditanya; Tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa menikah dengan sepupu atau kerabat akan menyebabkan anak-anaknya lahir cacat. Pendapat ini mencemaskan banyak gadis sehingga menyebabkan mereka menolak untuk menikah dengan kerabat yang menyebabkan timbulnya permasalahan antar kerabat tersebut. Apakah pendapat di atas benar? Bagaimana pandangan Islam tentang hal ini?

Jawaban:

Isu ini tidak benar. Menikah dengan sepupu atau orang yang masih kerabat tidaklah membuat lahirnya keturunan yang cacat, memiliki kemampuan akal yang rendah atau mengalami berbagai penyakit yang lain. Ini merupakan pendapat yang berbahaya dan isu yang tidak benar.

Memang terdapat sebagian ulama yang menganjurkan untuk menikah dengan wanita yang bukan kerabat. Mereka berpendapat demikian karena anggapan bahwa jika menikah dengan wanita yang bukan kerabat maka kemungkinan untuk memperoleh keturunan itu lebih besar.

Namun anggapan ini adalah sesuatu yang belum dapat dipastikan dan itu hanya merupakan pendapat sebagian ulama.

Namun demikian bukan berarti bahwa keturunan yang diperoleh dari perkawinan antar kerabat akan cacat. Sejauh yang saya ketahui, pernyataan seperti ini tidak dilontarkan oleh seorang ulamapun. Di samping itu, ini merupakan pendapat yang tidak berdasarkan dalil.

Berdasarkan fakta bahwa Nabi Shallaallah ‘alaihi wa Sallam menikahkan putri beliau yaitu Fatimah dengan sepupu beliau sendiri yaitu Ali bin Abi Thalib dan banyak Sahabat yang menikah dengan kerabat mereka sendiri.
_______
📚Al-Muntaqa mi Fatawa Al-Fauzan 5/256.

•┈┈➖•◈◉✹❒📖❒✹◉◈•➖┈┈•

وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين.

🖊Ustadz Abu Salman Al-Kwasayni حفظه الله تعالى .

🌍 Di Bumi Allah LIMAN, Kamis 09 Rajab 1438 H.

🌐www.al-kwasayni.com
📪telegram.me/alkwasayni
🐦twitter.com/alkwasayni
🔵Fb: bit.ly/2o6WTJY
🖼Instagram: bit.ly/2nhgAzZ
📹youtube: bit.ly/2odLKHL
📡Streaming: bit.ly/2o1B78B
📻Radio: 107.4 FM
♻WA : Daftar Al-Kwasayni Ketik
Nama#L/P#Alamat
Kirim 0821-1155-3775.

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *