Memaafkan dan Berbuat Baik

⏯ Materi Lanjutan

💎 Tingkatan Akhlak Mulia

Dari semua ini, apakah kita memahami bahwa memberi maaf seseorang yang bersalah merupakan perbuatan terpuji secara mutlak dan perkara yang diperintahkan?.

Bisa jadi sebagian orang memahami hal ini berdasarkan ayat di atas. Akan tetapi yang perlu diketahui bahwa memberi maaf akan lebih terpuji jika situasi dan kondisinya memang mendukung. Dan jika dalam suatu keadaan dengan membalas dendam lebih terpuji, maka tentu ini lebih utama.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

وَجَزَاءُ سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِثْلُهَا ۖ فَمَنْ عَفَا وَأَصْلَحَ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ

“Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik, maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.”(QS. asy-Syuura’: 40)

Sikap memberi maaf terkadang tidak bisa menyelesaikan permasalahan atau tidak dapat mendamaikan. Karena bisa saja yang berbuat kesalahan dan lancang terhadap kita adalah orang yang biasa melalukan kejahatan yang memang sudah terkenal dengan kejelekan dan gemar membuat kerusakan. Jikalau kita memaafkannya, dia akan terus-menerus berbuat kejahatan dan membuat kerusakan. Maka, yang lebih utama pada kondisi seperti ini adalah hendaknya kita membalas orang tersebut karena kelancangannya terhadap diri kita dan bukan dikategorikan pendendam, karena hal tersebut merupakan perbuatan yang dapat mendamaikan.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah رحمه الله berkata:

الإصلاح واجب، والعفو مندوب، فإذا كان في العفو فوات الإصلاح فمعنى
ذلك أننا قدمنا مندوباً على واجب، وهذا لا تأتي به الشريعة

“Berbuat baik merupakan suatu kewajiban, sedangkan memberi maaf merupakan perkara yang dianjurkan. Jika saja dalam memberikan maaf tidak bisa mendamaikan, maka makna dari hal tersebut bahwa kita telah mendahulukan perkara yang dianjurkan dari pada yang diwajibkan, dan perkara tersebut tidaklah dibawa oleh syari’at ini.”
[Makaraimul Akhlaq].

In syaa Allah bersambung…

•┈┈➖•◈◉✹❒📖❒✹◉◈•➖┈┈•

وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين

🖊 Ustadz Abu Salman Al-Kawasayni حفظه الله تعالى .

🌏 Di Bumi Allah Ruang Belajar, Kamis 22 Sya’ban 1438 H

🌐www.al-kwasayni.com
📪telegram.me/alkwasayni
🐦twitter.com/alkwasayni
🔵Fb: bit.ly/2o6WTJY
🖼Instagram: bit.ly/2p7rvbP
📹youtube: bit.ly/2odLKHL
📡Streaming: bit.ly/2o1B78B
📻Radio: 107.4 FM
♻WA : Daftar Al-Kwasayni Ketik
Nama#L/P#Alamat
Kirim 0821-1155-3775.
⁠⁠⁠
🌿🍃📚🌿🍃📚🌿🍃📚🌿🍃

جزاكم الله خيرا كثيرا

🚿 Jangan Lupa Share Ya ….!

Facebook Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *